Cara Aman dan Mudah Membersihkan Butiran Kaca Pecah

Cara Aman dan Mudah Membersihkan Butiran Kaca Pecah

Mungkin suatu saat Anda dan anggota keluarga mengalami kecelakaan kecil di rumah, yaitu tanpa sengaja memecahkan kaca. Bisa saja kaca jendela depan rumah terkena tendangan bola si kecil hingga pecah berkeping-keping, akuarium kaca jatuh tersenggol, dan yang paling berpotensi pecah adalah perlengkapan dapur seperti gelas, piring, dan mangkuk berbahan kaca.

Kepingan kaca pecah ini harus segera dibersihkan agar tidak membahayakan anggota keluarga yang melintas di sekitar lokasi pecahan kaca. Mulailah dengan memungut perlahan-lahan kepingan-kepingan kaca terbesar hingga kaca yang kecil. Gunakan sarung tangan karet atau plastik agar tangan lebih terlindung.

Ingat, pungut saja kepingan kaca yang terlihat. Jangan menyeka dengan tangan, terlebih jika tanpa pelindung. Kaca pecah sering menghasilkan kepingan kaca yang sangat halus bagai serbuk atau butiran yang menyebar dan hampir tidak terlihat. Butiran kaca ini masih sering tersisa walau Anda sudah menyapu area pecahan kaca. Sisa serbuk ini sangat berbahaya karena dapat melukai kaki jika terinjak.  

Nah, ada cara aman dan mudah untuk membersihkan butiran kaca pecah tersebut hingga tuntas, yaitu dengan menggunakan alat bantu. Bahkan, sebagian alat tersebut tersedia di dapur Anda.

Penyedot Debu. Gunakan penyedot debu atau vacuum cleaner untuk membersihkan butiran sisa kaca pecah. Mudah, aman, dan praktis. Namun kelemahannya, belum tentu alat ini tersedia, dan butiran kaca yang tersedot masuk dapat menggores bagian dalam penyedot debu jika hal ini sering dilakukan.   

Roti. Ambillah sepotong roti, lalu tekan perlahan di lantai area pecahan kaca dan sekitarnya. Tekstur dan daya serap roti mampu membuat butiran kaca menempel. Lakukan berulang kali hingga ke seluruh area pecahan kaca.

Kentang. Masih seputar makanan yang tersedia di dapur, jika di kulkas ada kentang, ambil dan potonglah. Sebagaimana roti, tekan permukaan irisan kentang ke area pecahan kaca, sehingga butiran kaca pecah akan menempel juga. 

Selotip. Manfaatkan fungsi perekat dari selotip untuk memungut butiran kaca pecah. Ambil selotip berukuran besar atau sejenis lakban, lalu bentangkan di area pecahan kaca. Lebih aman dan mudah jika menggunakan jenis selotip bolak-balik (double-tape). 

Tisu. Ambil beberapa lembar tisu, ditumpuk, lalu dilipat. Tempelkan ke area pecahan kaca. Cara ini juga cukup mudah dan aman, namun perlu dilakukan beberapa kali untuk memastikan butiran kaca pecah tersebut sudah terangkat bersih.

Sebagai upaya pencegahan agar tidak terulang lagi kecelakaan kaca pecah ini, selain lebih berhati-hati, juga perlu mempertimbangkan untuk memasang kaca jendela yang jauh lebih baik, kuat, dan aman. Anda dapat menggunakan kaca tempered hingga kaca tempered-laminated di sejumlah jendela, partisi, hingga kanopi. Silakan konsultasi saja ke jasa pemasangan kaca yang sudah berpengalaman untuk mengetahui dengan pasti kebutuhan Anda.