Daur Ulang Aluminium Menjadi Lampu Cantik

Daur Ulang Aluminium Menjadi Lampu Cantik

Aliminium, bahan yang sangat melimpah, setelah penggunaan, banyak yang membiarkannya begitu saja sehingga menjadi sampah. Padahal, aluminium selain bisa untuk bingkai kaca jendela, pintu kaca, atau bingkai partisi kaca, bisa diolah menjadi barang berharga lainnya dari barang bekas menjadi baru. Seperti contoh ini, dengan sisa penggunaan aluminium pada kaleng minuman, Anda bisa membuatnya menjadi lampu aluminium yang cantik sebagai hiasan rumah. Seperti apa cara membuatnya? berikut lengkapnya.

Daur ulang aluminium: Langkah 1

Daur ulang aluminium: Langkah 2

  • Lepaskan penutup kaleng yang terbuat dari aluminium tersebut dari kaleng bekas minuman.
  • Setelah terkumpul, siapkan kerangka lampu dan mulai meletakan aluminium tutup kaleng satu persatu dengan membengkokannya mengikuti kerangka.

Daur ulang aluminium: Langkah 3

Daur ulang aluminium: Langkah 4

  • Jika satu baris dari kerangka atas sudah tertutup, ambil aluminium tutup kaleng lainnya dan putuskan satu sisi dari tutup aluminium tersebut dengan tang.
  • Kaitkan dua tutup aluminium pada bagian atas melalui bagian tutup aluminium yang diputuskan tersebut.

Daur ulang aluminium: Langkah 5

Daur ulang aluminium: Langkah 6

  • Lakukan hal yang sama sampai bagian bawah lampu tertutup dengan aluminium.
  • Berikan satu kerangka lainnya di bawah yang sudah dilapisi dengan aluminium tutup kaleng seperti pada langkah pertama. Untuk mengaitkan antara kerangka bawah dan rangkaian aluminium sebelumnya, putuskan kedua sisi lingkaran pada tutup aluminium.

Daur ulang aluminium: Langkah 7

Daur ulang aluminium: Langkah 8

  • Pasangkan lampu dan kabel, dan rankai agar menyatu dengan lampu aluminium.
  • Lampu aluminium siap digunakan sebagai penghias ruangan dekorasi pencahayaan di rumah.

 

Mudah bukan cara pembuatannya. Daur ulang ini selain mengurangi sampah yang terus bertambah setiap harinya. Tidak hanya aluminium yang bisa didaur ulang agar menjadi lebih berguna, masih ada banyak barang lain yang bisa didaur ulang.

 

Source: Pinterest