Kegunaan Aluminium

Kegunaan Aluminium

Jika Anda sudah mengengenal apa itu aluminium dan manfaatnya sebagai salah satu bahan yang ramah lingkungan dan membantu melestarikan lingkungan dengan menggantikan posisi kayu sebagai bahan paling utama dalam  pembuatan rumah, kini saatnya mengetahui kegunaan dari aluminium itu sendiri. Apa sajakah itu?

  1. Konstruksi
    Dalam dunia konstruksi, aluminium banyak digunakan sebagai bahan konstruksi. Seperti atap, casting, fabrikasi, pipa, tangki, batang aluminium, kawat, bingkai jendela, pagar, pegangan tangga merupakan bagian penting konstruksi yang menggunakan aluminium. Inilah yang sebelumnya telah kami katakan bahwa aluminium ini membantu melestarikan lingkungan. Karena biasanya penggunaan bahan konstruksi di atas, biasanya kontraktor akan menggunakan kayu.
  2. Mobil
    Aluminium juga banyak digunakan dalam mobil. Aluminium untuk mobil memiliki sifat termal sekaligus estetika. Bagian-bagian mobil seperti pelek, blok mesin, komponen suspensi, dan transmisi terbuat dari aluminium. Bagian lain seperti dudukan karburator, gagang pintu, ornamen, dan logo mobil adalah bagian lain yang menggunakan aluminium. Oleh sebab itu, aluminium sangat berperan penting di sini. Selain ringan aluminium juga mudah di dapat.
  3. Pengemasan
    Jika biasanya Anda melihat banyak minuman kaleng yang kemasannya mudah hancur, itulah aluminium. Kemasan adalah salah satu penggunaan paling umum dari aluminium. Minuman kaleng, tutup botol, foil, nampan, dll semuanya terbuat dari logam ini. Aluminium sanat membantu dalam kehidupan sehari-hari.
  4. Di Rumah
    Untuk hal ini, penggunaan aluminium mencakup semua yang sebelumnya telah dijelaskan. Lihatlah sekitar rumah Anda, lihatlah bingkai kaca jendela di rumah Anda dan cek apakah sudah menggunakan aluminium? Aluminium sangat mudah ditemukan bahkan di rumah. Selain bingkai jendela juga gagang pintu, dan untuk membuat berbagai peralatan di dapur. Meskipun untuk peralatan dapur logam turut berperan serta, namun sebagai peralatan makan serta pembungkus makanan terutama dalam bentuk aluminium foil aluminium masih mendominasi.
  5. Pakaian
    Jika pakaian Anda terbuat dari bahan wol, sutera, atau rayon, Anda bisa menggunakan aluminium untuk mengulangkan kusutnya dengan menjadikannya alas ketika menyetrikanya. Letakkan aluminium foil di atas papan setrika dan pakaian Anda di atasnya. Kemudian pastikan tombol uap dalam keadaan mati, jangan langsung meletakan setrikaan di atas baju. Angkatlah setinggi 7-10 cm di atas pakaian, panas dari aluminium akan membantu menghilangkan kusutnya.

Aluminium sangat mudah ditemukan dan sudah menjadi bagian dari aktivitas sehari-hari tanpa disadari. Untuk itu, penggunaan aluminium yang sekarang ini sudah menjamur, sudah saatnya Anda memberikan suasana baru pada rumah Anda dengan mengganti kusen rumah dengan aluminium. Segera hubungi kontraktor aluminium yang akan membantu Anda dalam pemasangan aluminium sebagai bingkai kaca jendela atau pintu.